Tips Perawatan Wajah Ibu Hamil Ala Theraskin

2 min read

Tips Perawatan Wajah Ibu Hamil Ala Theraskin

Ketika dalam kondisi mengandung, beberapa wanita ingin merasa cantik dan memiliki kulit sehat. Namun, masa awal kehamilan banyak pantangan produk kecantikan yang harus dihindari. Sebab ada beberapa bahan berbahaya bagi kandungan dalam skincare tersebut. Dari sinilah Theraskin berinisiatif membantu ibu hamil merawat kulitnya dengan menggunakan Paket Pregnant.

Baca juga : 15 Aplikasi Cari Jodoh Terbaik Dari First Media

Produk skincare yang wajib dipilih adalah krim pemutih wajah. Walaupun diaplikasikan pada wajah tetapi mendatangkan pengaruh negatif untuk ibu hamil dan janinnya. Simak apa saja bahan kosmetik berbahaya bagi ibu hamil berikut ini.

Bahan Kosmetik Berbahaya Pada Ibu Hamil

Di pasaran beredar banyak kosmetik yang nyatanya dapat mengganggu kesehatan janin kandungan dan ibu hamil. Sayangnya, masyarakat tidak menyadari komposisi dalam produk perawatan kulit tersebut. Bahkan, beberapa ibu hamil menggunakan tanpa mengetahui efek sampingnya.

1. Merkuri

Penampakan Merkuri
(www.sandimerahputih.com)

Merkuri adalah zat paling berbahaya yang kerap kali dicampur dalam kosmetik dan perawatan kulit. Pihak BPOM sering menemukan produk mengandung merkuri dijual bebas dalam pasar kosmetik.

Wanita yang sedang mengandung menggunakan skin care dengan kandungan merkuri akan mengakibatkan gagal ginjal dan kerusakan hati. Hal buruk tersebut tidak hanya dialami sang ibu tetapi juga janin dalam kandungan. Hindari penggunaan krim pemutih instan dan bedak anti luntur karena disinyalir mengandung merkuri.

2. Retinoid

Rentinol
(www.sehatq.com)

Retinoid adalah bahan berbahaya yang sebenarnya dilarang untuk dicampur dalam kosmetik. Meskipun kandungan retinoid kurang dari 1%, tetapi membahayakan pertumbuhan fisik janin.

Kabar buruknya dapat mengakibatkan bayi Anda mengalami cacat mental dan fisik ketika dilahirkan. Kandungan retinoid umumnya ada pada krim anti jerawat, salep jerawat, dan obat-obatan penghilang jerawat.

3. BHA

Kandungan BHA Dalam Toner
(www.hallosehat.com)

Kandungan BHA dalam kosmetik dan skin care pada dasarnya aman. Tetapi kandungan BHA yang berlebihan alias lebih dari 2% tidak baik bagi janin dan ibu hamil. Nama ilmiah BHA yakni salicylic Acid dan biasanya ditemukan pada krim jerawat. Wanita yang baru memasuki trimester pertama kehamilan dilarang menggunakannya. Pasalnya, berpotensi besar membahayakan keselamatan janin.

4. Hydroquinone

 Hydroquinone
(www.nmkskin)

Hydroquinone merupakan kandungan berbahaya setara dengan zat merkuri. Apabila kosmetik dan skincare yang mengandung hydroquinone digunakan wanita hamil menyebabkan terganggunya pertumbuhan janin. Biasanya kandungan hydroquinone ditemukan pada pemutih instan.

5. Rhodamin

Rhodamin B
(www.masalembo.com)

Rhodamin merupakan zat berbahaya bagi kulit dan kandungan. Sebab rhodamin biasanya digunakan sebagai pewarna tekstil. Penggunaan rhodamin pada ibu hamil dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan kecacatan pada bayi setelah dilahirkan. Bahaya jangka panjangnya lagi mengakibatkan kanker kulit dan kanker rahim.

6. Benzoil Peroxyde

Benzoyl Peroxide
(www.shopee.com)

Benzoil Peroxyde merupakan kandungan berbahaya dalam skincare. Zat satu ini dapat diserap dengan mudah oleh pori-pori kulit. Umumnya Benzoil Peroxyde berbentuk krim wajah atau gel yang berfungsi menghilangkan jerawat.

Bahaya Kosmetik Bagi Kehamilan

Setelah membaca kandungan diatas tentunya Anda harus cermat dalam memilih perawatan wajah dan kosmetik. Ketahui juga bahaya-bahaya apa saja yang mengancam Anda dan janin.

1. Bayi Cacat

Zat retinoid pada bahan kosmetik dan skincare berpotensi mengakibatkab bayi cacat ketika dilahirkan. Oleh karenanya hindari penggunaan obat jerawat yang mengandung retinoid. Kecacatan yang dapat dialami bayi yakni mata juling, jari berdempetan, jumlah jari kurang ataupun berlebihan.

2. Perkembangan Janin Terganggu

Dapat pula menyebabkan perkembangan janin terganggu. Contohnya ketika berusia 5 bulan biasanya janin memiliki organ A,B, dan C. Namun, karena Anda menggunakan kosmetik dengan kandungan retinoid perkembangan janin lebih lambat. Hal inilah yang berujung pada kecacatan bayi.

3. Bibir Sumbing

Ternyata cacat bawaan sejak bayi dalam janin dapat terjadi karena sang ibu menggunakan kosmetik berbahaya. Akhirnya bayi terlahir dengan bentuk bibir sumbing. Selain itu, dapat mengganggu pembentukan rongga pernafasan sejak bayi berada dalam kandungan.

4. Kematian Bayi

Adapun dampak terburuk dari penggunaan kosmetik dan skincare berbahaya yakni mengakibatkan kematian bayi. Baik itu kematian ketika berada dalam kandungan maupun saat baru dilahirkan. Hindari kosmetik dan skincare yang mengandung merkuri, hydroquinone, dan loga.

5. Keracunan Janin

Janin juga dapat mengalami keracunan. Namun bukan dari makanan melainkan parfum menyengat yang dihirup oleh sang ibu. Aroma parfum menyengat dan mengandungan bahan berbahaya akan terbawa masuk pernafasan dan kandungan.

6. Mengganggu Pertumbuhan Sel Syaraf

Bahaya lainnya yakni menyebabkan gangguan pertumbuhan sel saraf pada otak janin. Sehingga, beberapa tahun setelah bayi terlahir akan mengalami autisme atau idiot.

7. Kelainan Jantung dan Paru

Kosmetik dan skincare yang mengandung zat kimia berbahaya juga menimbulkan efek buruk bagi organ tubuh. Misalnya, mengakibatkan terjadinya kelainan jantung, paru-paru, maupun organ lainnya. Oleh sebab itu, hindari penggunaan kosmetik dan skincare yang mengandung BHA dan retinoid.

8. Kanker

Penggunaan kosmetik dan skincare berbahaya pada ibu hamil dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan kanker. Naasnya kanker kulit tidak hanya menyerang ibu hamil tetapi juga janin dalam kandungan.

Dari semua bahaya diatas yang paling tidak dapat dihindari yaitu mengakibatkan keguguran. Hindari penggunaan kosmetik dan skincare berbahaya agar bayi Anda dapat terlahir dengan selamat dan lengkap.

Theraskin Paket Pregnant

Paket Ibu Hamil/Ibu Menyusui
(www.tokopedia.com)

Meskipun telah membaca uraian diatas wanita tetaplah wanita. Masih ada yang tidak mempercayainya dan tetap menggunakan kosmetik dan skincare andalannya. Lebih baik mencegah sebelum Anda menyesal.

Kini tidak perlu khawatir karena telah hadir Theraskin Paket Pregnant yang aman digunakan bagi ibu hamil. Rangkaian produk perawatan yang didapatkan yakni suncare for normal skin, lightening plus, toner for normal skin, dan facial wash.

Theraskin membantu para ibu hamil merawat kecantikannya. Untuk informasi lengkap dan pembelian dapat mengunjungi store online Theraskin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *