Ini Lima Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Cas Batre Tanam

1 min read

Ini Lima Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Cas Batre Tanam

Penggunaan baterai tanam memang memiliki banyak kelebihan daripada baterai biasa. Namun dibalik keunggulannya itu tentu memiliki kekurangan yaitu sulit memperbaiki ketika baterai tersebut bermasalah. Hal ini sering terjadi pada pengguna hp baterai tanam dan tentu merepotkan karena tidak bisa diatasi dengan charger kodok yang biasa dilakukan pada baterai biasa. Nah, jika mengalami masalah tersebut simaklah ulasan cara mengatasi hp tidak bisa di cas batre tanam berikut ini.

1. Tekan Tombol Power dan Volume Down

Cara yang paling mudah dilakukan untuk menangani masalah hp baterai tanam ini adalah menekan tombol power dan volume down sekaligus. Lakukan cara ini ketika hp sedang di cas dan tekan terus hingga hp bergetar. Meski simpel, cara pertama ini terbukti berhasil pada beberapa merk hp seperti Samsung misalnya.

Cara ini juga tidak memakan waktu lama seperti cara-cara selanjutnya. Namun jika tidak berhasil dengan cara mudah ini, cobalah cara kedua.

2. Lepas SIM Card, Micro SD atau Penyimpanan Tambahan Lain

Hp yang tidak bisa dicharge bisa diakibatkan oleh beratnya penyimpanan yang ditampung melebihi kemampuan atau spesifikasi hp itu sendiri. Gawai yang terlalu keras bekerja juga menjadi alasan lain mengapa tidak bisa dicharge. Hp juga butuh istirahat oleh sebab itu, lepas semua penyimpanan tambahan seperti micro SD dan SIM Card. Diamkan selama beberapa menit hingga hp dan baterai dingin. Lalu charge ulang seperti biasa.

3. Charge Menggunakan Kabel USB

Jika cara mengatasi hp tidak bisa di cas batre tanam nomor 2 tersebut maka simak cara nomor 3 ini. Cobalah menggunakan kabel USB saja untuk mengisi daya dan sambungkan dengan laptop atau PC. Daya yang diperoleh dari laptop lebih tinggi dari daya charger biasanya.

Hal ini untuk mengejutkan baterai yang dayanya sudah terlanjur kosong. Dengan memberikan aliran arus yang lebih besar, daya yang tadinya benar-benar habis bisa terisi kembali. Jika daya sudah bisa masuk biarkan charge menggunakan kabel usb hingga terisi 15% dan lanjutkan dengan charge biasa.

4. Gunakan Charger dengan Nilai Ampere Lebih Tinggi

Selain mengisi daya melalui laptop untuk mengejutkan baterai yang sudah terlanjur kosong, pengguna hp juga bisa mencari charger lain dengan nilai ampere yang lebih tinggi. Besaran ampere yang baik adalah dua kali lipat dari ampere yang tercantum di charge original.

Jika pada charger original tercantum 0.4 A misalnya maka gunakanlah charger dengan nilai 1A atau 1000 mAh. Cara ini juga tergolong ampuh dan efektif karena cukup aman untuk mengatasi masalah hardware hp.

5. Bongkar Baterai

Hal ini sebaiknya dilakukan jika hp sudah lewat masa garansi karena membongkar baterai akan membuka segel garansinya. Siapkan obeng kecil +, kabel kecil dua warna, solder dan power supply. Lalu buka casing hp hingga terlihat socket baterainya menggunakan solder.

Kemudian buka socket dengan obeng kecil dan congkel baterai hingga kabel fleksibel terlihat. Tes koneksi kabel ini dan kabel konektor baterai dengan charger menggunakan power supply. Jika ada masalah melakukan perbaikan sesuai jalur yang seharusnya dengan solder.

Jika ragu dan tidak memiliki pengetahuan lebih untuk mencoba cara kelima maka sebaiknya bawa hp ke tempat service. Apalagi hp masih memiliki garansi maka lebih tepat di service ke service resmi. Selain itu, jika cara mengatasi hp tidak bisa di cas batre tanam kesatu hingga keempat tidak berhasil bisa jadi port charger yang rusak sehingga harus diganti.

Masalah ini akan mengeluarkan biaya lebih sedikit daripada mengganti baterai sehingga tidak perlu langsung panik jika hal ini terjadi.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Hp Disadap Orang Lain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *