Hindari Jaringan Lemot Dengan Cara Mengecek Kecepatan Internet Indihome

18 views
Hindari Jaringan Lemot Dengan Cara Mengecek Kecepatan Internet Indihome
Hindari Jaringan Lemot Dengan Cara Mengecek Kecepatan Internet Indihome

Merupakan pengguna layanan IndiHome dan sering terkendala karena kecepatan koneksi internet yang buruk? Guna memastikan apakah permasalahan berasal dari kecepatan koneksi atau gangguan dari pusat, maka hal ini dapat dipastikan dengan mencoba cara mengecek kecepatan internet IndiHome berikut.

IndiHome merupakan salah satu layanan internet yang memiliki banyak pengguna. Hal ini disebabkan karena IndiHome memiliki jangkauan yang luas dibanding dengan provider lainnya. Meskipun demikian, IndiHome tidak serta merta menjadi layanan internet terbaik. Sebab, seringkali kecepatan internet yang tidak stabil menyulitkan penggunanya. Hal ini mengakibatkan kecepatan internet berbeda dengan paket yang digunakan. Misalnya, seseorang berlangganan paket 10 Mbps, namun kecepatan internet yang anda dapatkan justru dibawah 10 Mbps.

Guna memastikan kecepatan internet IndiHome, perlu mengeceknya dengan beberapa cara berikut ini:

Cara Mengecek Kecepatan Internet IndiHome di Laptop/PC

Untuk mengetahui kualitas kecepatan internet IndiHome, dapat dilakukan dengan beberapa cara. Diantaranya adalah mengukur kecepatan menggunakan layanan Speedtest, CMD (Command Prompt) atau juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga.

1. Cek Menggunakan Speedtest

Cara pertama merupakan yang paling mudah. Yaitu dengan memanfaatkan layanan dari Speedtest. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Kunjungi situs speedtest (www.speedtest.net)
  2. Tunggu hingga halaman selesai dimuat sempurna. Kemudian tekan tombol ‘GO’
  3. Tunggu hingga proses loading Halaman akan menampilkan pengujian terkait tiga hal, yaitu kualitas Ping, Kecepatan upload serta kecepatan download.
  4. Pengguna dapat membagikan hasil tes kecepatan IndiHome ke berbagai jejaring sosial.

Hal penting yang perlu diketahui adalah, semakin besar nilai Ping, maka kecepatan internet semakin buruk. Sementara sebaliknya, semakin besar nilai kecepatan upload dan download maka kualitas internet semakin baik.

2. Cek Menggunakan Google

Google telah menyediakan berbagai fitur. Diantaranya untuk mengukur kecepatan internet. Fitur ini merupakan kolaborasi antara google dengan M-Lab. Berikut adalah caranya:

  • Buka laman google. Kemudian ketik ‘Internet Speed Test’ pada tab pencarian. Kemudian tekan enter.
  • Laman akan menampilkan menu Uji Kecepatan Internet. Tekan tombol ‘Jalankan Uji Kecepatan’.
  • Tunggu hingga proses loading Kemudian laman akan menampilkan hasil pengujian kecepatan download dan upload.

3. Cek Menggunakan CMD (Command Prompt)

Selain dua cara diatas, mengecek kecepatan internet IndiHome juga dapat dilakukan dengan menggunakan CMD pada Laptop/PC. Berikut adalah caranya:

  • Gunakan fitur pencarian pada laptop/PC. Tekan tombol Windows+R dan ketik “CMD”.
  • Setelah tab terbuka, ketik format ‘ping 8.8.8.8 –t –l1000. Kemudian enter.
  • Tunggu beberapa saat hingga layar menampilkan hasil pengujian.

Ada beberapa informasi penting yang akan ditampilkan pada hasil pengujian:

  • Semakin kecil simbol time/angka maka semakin cepat pula kecepatannya.
  • Semakin besar simbol time/angka maka semakin lambat pula kecepatannya.
  • Simbol ‘request time out’ menandakan bahwa koneksi internet tidak stabil.

Cara Mengecek Kecepatan Internet IndiHome di HP

Berbeda dengan Laptop/PC, ketika ingin mengecek kecepatan internet di HP, maka memerlukan bantuan dari aplikasi tambahan. Contohnya Speedtest. Adapun langkahnya sebagai berikut:

  1. Unduh aplikasi Speedtest di Google Playstore atau Appstore.
  2. Setelah terinstall, jalankan aplikasi dan tekan tombol ‘mulai’.
  3. Tunggu hingga aplikasi menampilkan hasil pengujian berupa kualitas Ping, kecepatan download dan juga

Cara pengecekan menggunakan aplikasi Speedtest ini adalah cara termudah untuk mengetahui kecepatan internet. Selain itu terdapat beberapa fitur menarik seperti VPN guna mengakses situs yang diblokir. Pengguna juga dapat menggunakan jenis aplikasi lainnya, akan tetapi Speedtest memiliki hasil yang paling akurat.

Lantas, bagaimana bila kecepatan internet tidak sesuai dengan paket yang anda ambil? Ada beberapa hal yang dapat menjadi kemungkinan. Bisa jadi karena jaringan internet anda digunakan lebih dari satu perangkat, penggunaan yang melebihi FUP atau sedang terjadi gangguan dari pusat.

Nah, itulah tadi beberapa cara mengecek kecepatan internet IndiHome. Apabila merasa kurang puas dengan kecepatan internet, cobalah untuk menghubungi Call Center IndiHome baik melalui telepon atau media sosial. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Baca Juga : Aplikasi Buka Blokir Whatsapp Memanfaatkan VPN Yang Mudah Dilakukan

Staff

Hercules: An independent information portal. Where we share stories. Starting from important things to types of entertainment. Whatever it is! When we think it’s potentially useful, we’ll post it. Gentlemen …. We have the technology. We have the capability to produce it. Better than he was before. Better. Stronger. Faster.

Latest from Blog