Cara Menyambungkan Laptop Ke TV Tanpa Kabel Dengan Menggunakan Chromecast

2 min read

Cara Menyambungkan Laptop Ke TV Tanpa Kabel Dengan Menggunakan Chromecast

Saat menonton film seru apalagi film box office kesukaan, rasanya kurang nyaman bila harus menontonnya dalam layar laptop yang kecil. Agar lebih seru, biasanya seseorang akan mencari cara untuk bisa menonton film pada layar yang lebih besar seperti tv. Dengan semakin berkembangnya teknologi, cara menyambungkan laptop ke tv tanpa kabel dapat dengan mudah dilakukan.

Menyambungkan laptop ke tv tanpa menggunakan rangkaian kabel tentunya lebih mudah dilakukan karena pengguna tinggal mencolokkan chromecast yang berbentuk seperti USB. Chromecast yang terhubung pada slot HDMI akan berfungsi layaknya remote control jarak jauh yang menghubungkan laptop dengan tv. Berikut ini langkah-langkah untuk menyambungkan laptop ke tv tanpa perlu menggunakan kabel yang mudah untuk dilakukan:

1. Siapkan Chromecast

Untuk dapat menikmati film box office kesukaan pada layar yang lebih besar tanpa menggunakan kabel, pengguna harus terlebih dahulu menyiapkan chromecast. Chromecast merupakan alat seperti USB yang dikeluarkan oleh Google untuk menghubungkan gadget ke tv. Nantinya, alat ini berfungsi sebagai remote control jarak jauh yang memudahkan pengguna untuk melakukan pause, skip, mengatur volume, dan sebagainya.

Chromecast dapat dibeli di marketplace online terpercaya dengan kualitas baik dan harga terjangkau. Selain membeli chromecast, pengguna harus mengunduh aplikasi cast untuk meningkatkan pengalaman streaming video atau musik secara online. Tidak hanya menonton film dan mendengarkan musik, pengguna dapat melakukan browsing internet di tv yang terhubung dengan chromecast. Perlu diingat, alat ini hanya berfungsi sebagai receiver.

2. Hubungkan Chromecast ke TV

Chromecast yang ada tentunya harus dihubungkan ke tv dengan cara mencolokkannya pada slot HDMI. Karena hanya berfungsi sebagai receiver, alat ini tidak memiliki navigasi sendiri sehingga harus diberi perintah melalui perangkat berbasis Windows, Android, atau iOS. Laptop yang digunakan untuk memberi perintah harus terhubung dengan browser Google Chrome atau aplikasi cast yang telah terunduh.

Saat memasang chromecast pada slot HDMI tv, kondisi tv harus dalam keadaan mati agar chromecast dapat dengan mudah terdeteksi. Selain memasangnya pada slot HDMI tv, chromecast juga harus dipasang pada laptop yang digunakan sebagai pemberi perintah. Sekilas, alat ini mirip seperti kabel HDMI tanpa kabel sehingga pengguna tidak perlu repot dengan rangkaian kabel yang berantakan.

3. Instal Chromecast pada Laptop

Jika sudah terpasang, nyalakan tv dan pilih channel AV untuk dapat menyesuaikan kualitas gambar yang ditampilkan agar sama dengan aslinya. Biasanya, chromecast yang sudah terpasang pada slot HDMI akan langsung terdeteksi oleh tv. Kemudian pengguna harus instal Chromecast pada laman http://google.com/chromecast/setup. Hal ini dikarenakan chromecast hanya akan bekerja jika terhubung dengan koneksi internet.

4. Lakukan Setting dan Verifikasi

Chromecast yang sudah terinstal harus  disetting terlebih dahulu agar cara menyambungkan laptop ke tv tanpa kabel dapat berhasil. Pengguna harus masuk ke menu Set Up dan mengikuti panduan yang ada agar chromecast dapat terhubung dengan jaringan WiFi. Setelah melakukan langkah setting yang tertera pada panduan, pengguna harus memasukkan kode verifikasi yang muncul ke tv.

5. Nikmati Sensasi Menonton dengan Layar Besar

Jika sudah mengikuti setiap langkah yang telah disebutkan sebelumnya, pengguna dapat langsung menikmati sensasi menonton dengan layar besar. Pengguna juga dapat menikmati berbagai konten seperti YouTube, Netflix, Google Play Film, dan Google Play Music di layar tv. Tentunya alat ini sangat membantu pengguna yang bosan menonton film di layar laptop atau smartphone yang memiliki layar kecil.

Itulah cara menyambungkan laptop ke tv tanpa kabel dengan mudah hanya dengan menggunakan chromecast. Tidak hanya menonton film dan mendengarkan musik, pengguna dapat melakukan browsing internet di tv yang terhubung dengan chromecast. Nantinya, alat ini berfungsi sebagai remote control jarak jauh yang memudahkan pengguna untuk melakukan pause, skip, mengatur volume, dan sebagainya.

Baca Juga : Inilah Cara Menghubungkan Layar HP Ke Laptop Atau Mirroring

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *