Cara Mengaktifkan Bluetooth Di Laptop Asus Dengan Mudah Dan Cepat

Selain di smartphone atau android, fitur Bluetooth juga dapat ditemukan pada laptop sehingga penggunanya dapat dengan mudah mengirim dan memindahkan file. Dibandingkan menggunakan kabel data, memindahkan file dari satu perangkat ke perangkat lainnya dengan menggunakan Bluetooth dinilai lebih praktis. Meskipun begitu, cara mengaktifkan Bluetooth di laptop Asus belum banyak diketahui oleh pengguna sehingga fitur tersebut masih belum diaktifkan.

Untuk mengaktifkannya, pengguna harus terlebih dahulu mengetahui apakah laptop Asus tersebut dilengkapi fitur Bluetooth atau tidak. Pengguna tinggal menekan tombol Windows+X yang ada pada keyboard laptop untuk membuka menu Device Manager. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengaktifkan Bluetooth di laptop Asus dengan mudah dan cepat:

1. Gunakan Dongle USB Bluetooth

Karena tidak semua laptop Asus memiliki Bluetooth built yang terpasang, pengguna dapat mencoba alternatif lain dengan menggunakan dongle USB Bluetooth. Perangkat keras ini berfungsi untuk mendukung laptop yang tidak memiliki fitur Bluetooth agar bisa melakukan komunikasi nirkabel. Dengan begitu, pengguna laptop Asus tetap dapat mengirim dan menerima data dari perangkat lain dengan mudah tanpa perlu menggunakan kabel.

Belilah dongle USB Bluetooth yang sesuai dengan sistem operasi yang digunakan dengan standar yang tepat agar proses komunikasi dapat berjalan lancar. Umumnya ada 3 jenis adaptor yang dijual di pasaran mulai dari kelas 1 hingga kelas 3 yang menunjukkan kekuatan sinyal. Selain jenisnya, pengguna juga dapat memilih adaptor ini berdasarkan versinya mulai dari 1.0 sampai 5.0.

2. Install Bluetooth Driver

Selain menggunakan dongle USB Bluetooth, pengguna laptop Asus juga dapat menginstal Bluetooth driver untuk mengaktifkan fitur Bluetooth. Meskipun secara built in perangkat telah dilengkapi fitur Bluetooth, pengguna harus tetap menginstal driver ini agar fitur yang ada dapat berjalan.  Bluetooth driver dapat diinstal melalui CD atau DVD bawaan yang berisi driver perangkat yang kompatibel dengan versi Windows.

Pengguna juga dapat menginstal Bluetooth driver menggunakan software DriverPack Solution yang berisi kumpulan driver yang bisa digunakan untuk semua versi Windows. Jika laptop Asus yang digunakan ternyata tidak dilengkapi dengan disk instalasi driver, pengguna harus mengunjungi situs web produsen perangkat. Setelah itu, unduh dan install driver Bluetooth terbaru yang sesuai dengan perangkat yang digunakan.

3. Gunakan Device Manager

Selain digunakan untuk mengecek perangkat keras yang terpasang, device manager juga dapat digunakan untuk mengaktifkan Bluetooth pada perangkat. Cara mengaktifkan Bluetooth di laptop Asus dengan menggunakan device manager tidaklah sulit. Pengguna tinggal masuk ke menu device manager dan klik menu Bluetooth. Klik kanan pada perangkat Bluetooth yang digunakan kemudian pilih enable device untuk mengaktifkannya.

4. Gunakan Kombinasi Tombol Fn

Tombol Fn yang ada pada laptop berfungsi untuk mengakses perintah yang tertanam di perangkat sehingga pengguna tidak perlu repot menggunakan mouse. Karena memiliki fungsi tertentu, tombol Fn juga dapat digunakan untuk mengaktifkan fitur Bluetooth yang ada pada laptop. Caranya mudah, pengguna tinggal menekan tombol Fn yang dikombinasikan dengan icon Bluetooth yang tertera pada keyboard.

5. Gunakan System Tray

Pada tampilan laptop, system tray berfungsi untuk menampilkan status dari suatu program di Taskbar. Biasanya lokasi system tray berbeda-beda tergantung laptop yang digunakan. Menu ini dapat digunakan untuk mengirim dan menerima data dari perangkat lain dengan menggunakan konektivitas Bluetooth. Ada banyak opsi seperti Show Bluetooth Device, Add a Bluetooth Device, Send a File, dan Receive a File.

Demikianlah cara mengaktifkan Bluetooth di laptop Asus dengan mudah agar perangkat dapat mengirim dan menerima file dari perangkat lain. Dibandingkan menggunakan kabel data, memindahkan file dari satu perangkat ke perangkat lainnya dengan menggunakan Bluetooth dinilai lebih praktis. Meskipun tidak memiliki Bluetooth built yang terpasang, pengguna tetap dapat menggunakan fitur Bluetooth dengan menggunakan perangkat pendukung.

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected Yang Dijamin Sukses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *