Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca Dengan Mudah Dan Cepat

Flashdisk merupakan tempat penyimpanan data dan file sementara yang dihubungkan melalui port USB suatu komputer atau laptop. Penggunaan flashdisk dinilai lebih efektif dan efisien karena data yang tersimpan tidak akan hilang dan bisa diubah setiap saat. Namun, ada kalanya flashdisk yang digunakan tidak terbaca sehingga diperlukan cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca.

Ada beberapa penyebab flashdisk tidak terbaca salah satunya yaitu adanya masalah pada driver USB komputer atau laptop yang digunakan. Selain masalah eksternal, seringkali masalah internal juga dapat menyebabkan flashdisk tidak terbaca sehingga dapat mengganggu aktifitas yang sedang dilakukan oleh pengguna. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan ketika flashdisk tidak terbaca.

1. Cek Kondisi Fisik Flashdisk

Cara pertama yang harus dilakukan ketika flashdisk tidak dapat terbaca yaitu mengecek kondisi fisik flashdisk yang digunakan. Hal ini dikarenakan flashdisk yang mengalami rusak fisik akan sulit dibaca oleh laptop atau komputer. Agar flashdisk yang digunakan dapat bertahan lama, jangan sering menarik keluar flashdisk dari perangkat tanpa di eject terlebih dahulu.

2. Bersihkan Port USB pada PC atau Laptop

Periksalah port USB pada PC atau laptop yang digunakan jika flashdisk masih tidak terbaca padahal tidak ditemukan kerusakan pada flashdisk. Ada kemungkinan port USB tersebut kotor atau bobrok sehingga kinerjanya menjadi tidak optimal. Jika ditemukan kotoran yang mengganjal pada port USB, segera bersihkan dengan menggunakan kuas sampai kotoran yang mengganjal hilang.

3. Lakukan Scanning

Flashdisk yang tidak terbaca bisa jadi disebabkan oleh virus atau malware yang menyerang flashdisk karena sering disambungkan ke sembarang perangkat. Oleh sebab itu, pengguna harus melakukan scanning pada flashdisk yang digunakan dengan fitur scanning flashdisk. Jika saat proses scanning ditemukan adanya kerusakan karena virus, maka secara otomatis flashdisk akan diperbaiki.

4. Gunakan Device Manager

Ketika flashdisk yang ditancapkan pada perangkat dapat terpindai namun data yang ada di dalamnya tidak dapat terbaca, pengguna dapat mengeceknya dengan device manager. Device manager merupakan applet panel kontrol yang memungkinkan pengguna Windows melihat dan mengontrol perangkat keras yang terpasang. Untuk memperbarui perubahan di drive, pilih scan for hardware changes dan lakukan restart pada perangkat.

5. Cek Kondisi Flashdisk dengan CMD (Command Prompt)

CMD merupakan suatu perintah DOS yang digunakan untuk menganalisa kondisi jaringan internet, melihat status aktivasi Windows, serta mengecek kondisi hardisk. Meskipun terbilang jadul, cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca dapat dilakukan dengan menggunakan CMD. Sejumlah perintah yang ada di dalamnya terbukti mampu mengetahui kondisi flashdisk termasuk masalah yang ada di dalamnya.

6. Matikan Fast Startup

Fast startup merupakan fitur yang adalah dalam Windows yang memungkinkan sistem booting lebih cepat dari biasanya. Jika flashdisk sulit dibaca khususnya pada perangkat Windows 10, bisa jadi dikarenakan fitur startup yang diaktifkan. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk menonaktifkan fitur ini jika flashdisk yang tertancap tidak bisa terbaca oleh perangkat.

7. Update Windows

Penyebab lain yang dapat membuat flashdisk tidak terbaca oleh perangkat yaitu karena sistem operasi yang digunakan belum diperbarui. Untuk meng-updatenya, pengguna tinggal masuk ke bagian Settings lalu pilih opsi Update & Security. Jika sudah terbuka, pilih Check for updates dan tunggulah hingga proses update selesai sebelum kembali memasukkan flashdisk.

Demikianlah beberapa cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca dengan mudah dan cepat dilakukan. Tentunya flashdisk yang tidak terbaca oleh perangkat sangat mengganggu aktifitas pengguna jika di dalamnya tersimpan dokumen penting. Jika kerusakan sudah parah dan flashdisk terus tidak terbaca, pengguna dapat melakukan format ulang agar kinerja flashdisk kembali seperti semula.

Baca Juga : 5 Cara Mengembalikan File Yang Hilang Di Flashdisk Lewat Android Yang Mudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *