Cara Melacak HP Yang Hilang Dengan Gmail Dalam Waktu Singkat

2 min read

Cara Melacak HP Yang Hilang Dengan Gmail Dalam Waktu Singkat

Kehilangan sesuatu yang sangat berharga seperti hp yang berisi banyak kenangan pastinya menjadi pengalaman yang tidak dapat dilupakan. Panik dan frustasi, hanya itu yang bisa menggambarkan perasaan ketika kehilangan hp entah karena jatuh atau lupa meletakkannya. Namun tidak perlu khawatir, saat ini ada cara melacak hp yang hilang dengan Gmail yang dapat dilakukan oleh pengguna android.

Sistem Operasi Android yang diciptakan oleh Google dapat melacak hp yang hilang melalui email yang terhubung pada Play Store perangkat. Karena memiliki fungsi vital, tentu kehilangan hp dapat mengganggu aktivitas sehari-hari apalagi jika di dalamnya terdapat data penting. Berikut ini akan dijelaskan cara melacak hp yang hilang dengan menggunakan Gmail agar cepat ditemukan:

1. Siapkan Perangkat Lain yang Terhubung ke Internet

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan perangkat lain yang terhubung ke internet atau WiFi. Perangkat itu bisa berupa PC, laptop, ataupun hp lain yang nantinya digunakan untuk melacak dan menemukan hp yang hilang. Agar cara ini berhasil, hp yang hilang harus dalam kondisi menyala, terhubung ke akun Google, dan memiliki koneksi internet aktif.

2. Log In Gmail

Setelah memiliki perangkat yang dapat digunakan untuk melacak hp yang hilang, pengguna harus log in email terlebih dahulu. Email yang dimasukkan pada perangkat adalah Gmail yang sama dengan hp yang hilang. Hal ini dimaksudkan agar pengguna dapat mengetahui posisi atau letak hp yang ingin dicari. Selama pencarian, koneksi internet pada perangkat tidak boleh terputus.

3. Pilih Tampilan Gmail Versi Web

Cara melacak hp yang hilang dengan Gmail adalah dengan memilih tampilan versi web pada perangkat yang digunakan untuk pencarian. Pada dasarnya, Gmail yang ada dapat diakses oleh pengguna melalui 3 cara yaitu dalam bentuk surat web https, protokol POP3, atau IMAP4. Gmail versi web ini dapat diakses oleh semua perangkat dengan sistem operasi IOS maupun android.

4.Masuk ke Akun Google

Jika sudah masuk ke Gmail versi web, langkah yang harus dilakukan pengguna adalah memilih ikon bergambar 9 titik di pojok kanan atas pada tampilan layar. Selanjutnya pilih menu Akun Google yang dapat dilihat ketika pengguna mengakses laman ini. Selain menu Akun Google, di sana juga terdapat menu Setelan, Bantuan, dan Keluar yang letaknya sejajar dan memiliki fungsinya masing-masing.

5. Pilih Opsi Temukan Ponsel

Setelah masuk akun google, pengguna harus scroll ke bawah lalu pilih opsi mulai pada tulisan Temukan Ponsel Anda. Pada menu tersebut, pengguna dapat memilih nama hp yang hilang pada daftar perangkat. Tentu saja hanya perangkat yang terhubung dengan akun Gmail serupa yang dapat dipilih. Selain nama hp, pengguna dapat melihat lokasi, dan waktu terakhir perangkat melakukan akses.

6. Masukkan Password Gmail

Pada tahap ini,pengguna harus kembali mengisi password Gmail untuk melakukan verifikasi. Setelah terverifikasi, klik next dan pilih opsi locate untuk mengalihkan pengguna ke fitur Find My Device. Fitur ini juga akan mengunci dan mengamankan akun Google di hp yang hilang. Tap ikon Refresh untuk mengupdate posisi hp sehingga pengguna dapat melihat lokasi terbaru dari hp yang hilang.

7. Menuju Lokasi Hp yang Hilang

Saat melacak hp yang hilang dengan menggunakan Gmail, pengguna dapat melihat posisi hp pada Google Map yang muncul di layar. Kemudian refresh google map secara berkala. Jika posisi hp yang hilang sudah ditemukan, segera pergi menuju lokasi yang ditunjukkan. Saat jarak pengguna dengan hp yang hilang sekitar 10 meter, pilih opsi Deringkan agar hp yang dicari berdering meskipun di silent.

Itulah cara melacak hp yang hilang dengan Gmail agar hp cepat ditemukan dalam waktu singkat. Karena memiliki fungsi vital, tentu kehilangan hp dapat mengganggu aktivitas sehari-hari apalagi jika di dalamnya terdapat data penting. Sistem Operasi Android yang diciptakan oleh Google dapat melacak hp yang hilang melalui email yang terhubung pada Play Store dengan mudah.

Baca Juga : 5 Aplikasi Membuat Cover Buku Offline Terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *