Cara aktifkan komentar di Youtube dengan mudah

Sebagai seorang content creator, komentar di youtube sangat memberikan pengaruh bagi keberlangsungan akun. Untuk itu mereka memberikan kebebasan kepada para penggunanya untuk melakukan pengaturan. Salah satunya dengan mengaktifkan maupun menonaktifkan kolom comments. Namun, berikut ini akan dibahas cara aktifkan komentar di youtube.

Sebelum itu, sebagai pemilik akun atau content creator itu artinya telah siap tentang komentar apapun yang akan diberikan oleh pengguna lain. Hal tersebut lantaran pengunggah video telah memberikan kebebasan untuk berkomentar. Bahkan dengan cara ini juga akan dapat mempengaruhi tingkat kepopulerannya di youtube.

Cara Aktifkan Komentar Youtube Via Smartphone

Perlu diketahui sebelumnya, jika untuk dapat mengaktifkan komentar di youtube ini dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu menggunakan ponsel dan komputer atau laptop. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini:

1. Install Youtube Studio

Pertama, untuk pengguna ponsel silahkan mengunduh youtube studio terlebih dahulu sehingga fitur pengaturan akun tersebut dapat digunakan dengan maksimal. Apabila telah terinstall, maka silahkan dibuka. Pada bagian pojok kiri atas nantinya akan ditemui gambar garis tiga, lalu klik logo tersebut. Nanti akan ditampilkan beberapa pilihan menu, namun cukup pilih opsi video saja.

2. Lakukan pengaturan

Langkah selanjutnya, apabila menu tersebut telah dibuka maka langsung saja cari video unggahan yang akan diaktifkan komentarnya. Akan tetapi, ketika terbuka pengguna tidak akan langsung bisa mengedit bagian comment, namun harus memilih beberapa opsi terlebih dahulu.

3. Logo pensil

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jika mulai membuka video yang telah diunggah maka akan diberikan beberapa menu untuk melakukan pengaturan. Salah satunya adalah logo pensil untuk mengedit tampilan video. Letaknya berada di pojok kanan atas, lalu klik dan pilih “advance setting”.

4. Advance Setting

Advance setting ini merupakan fitur yang disediakan oleh youtube untuk para content creator sehingga bisa mengatur sendiri tampilan akunnya. Salah satunya yaitu dengan mengaktifkan maupun menonaktifkan komentar pada setiap video yang telah diunggah. Untuk itu langsung klik saja opsi tersebut untuk masuk ke menu selanjutnya.

5. Allow Comments

Langkah terakhir supaya komentar pada video yang dimaksud dapat diaktifkan kembali adalah pastikan tombol “allow comments” berwarna biru. Apabila sudah, maka para penonton youtube bisa memberikan komentar apa saja dengan bebas pada video-video tersebut.

Baca juga: Cara Menambah Follower Instagram

Cara Aktifkan Komentar di Youtube Via Laptop

Cara aktifkan komentar di youtube yang kedua juga dapat dilakukan melalui laptop maupun PC. Perbedaannya dengan ketika menggunakan ponsel adalah pengguna tak perlu mengunduh aplikasi tambahan sehingga lebih praktis dan mudah.

Caranya yaitu silahkan membuka youtube melalui laman pencarian atau browser yang telah ada di dalam laptop. Kemudian pada bagian pojok kanan atas akan terlihat logo profil, maka klik itu untuk bisa melihat beberapa fitur tambahan.

Setelah itu pilih menu ”your channel” sehingga bisa memilih video unggahan yang akan diaktifkan kembali komentarnya. Kemudian scroll ke bagian bawah sendiri sehingga akan terlihat pilihan untuk edit video. Ketika opsi tersebut diklik, maka pengguna akan secara otomatis diarahkan ke youtube studio.

Langkah terakhir pilih menu tab “more option” pada menu details sehingga fitur pengaturan komentar akan terlihat. Biasanya pada tampilan tersebut bertuliskan “comments and ratings” untuk pengguna melakukan pengaktifan maupun penonaktifan komentar.

Itulah cara aktifkan komentar di youtube dengan mudah. Apalagi hal tersebut dapat dilakukan melalui smartphone maupun laptop sehingga semakin memudahkan penggunanya. Hal ini pun tentu dapat digunakan untuk lebih meningkatkan performa youtube para content creator.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *