Aplikasi Tidak Terpasang Di Android Inilah Penyebabnya

11 views
Aplikasi Tidak Terpasang Di Android Inilah Penyebabnya
Aplikasi Tidak Terpasang Di Android Inilah Penyebabnya

Mungkin sebagian orang pernah mengalami aplikasi tidak ada atau tidak terpasang padahal sudah memasangnya. Ada banyak hal yang membuat aplikasi tidak terpasang pada smartphone android. Untuk memperbaiki hal ini harus mengetahui terlebih dahulu penyebab aplikasi tidak terpasang. Maka dari itu kali ini akan dibahas mengenai penyebab aplikasi tidak terpasang di android. Berikut adalah pembahasannya.

1. Kapasitas Memori

Penyebab aplikasi tidak terpasang di android yang pertama ialah karena kapasitas memori yang tidak mumpuni. Memori smartphone sudah tidak cukup lagi untuk dimasukkan aplikasi baru. Biasanya sebelum memulai mengunduh aplikasi di playstore, sistem akan mengingatkan jika memori dalam smartphone sudah tidak cukup.

Maka dari itu pastikan sebelumnya jika memori dalam smartphone masih ada dan cukup untuk memasang aplikasi baru. Untuk mengosongkan memori bisa dengan menghapus sampah di dalam smartphone atau dengan menghapus aplikasi yang sudah tidak terpakai lagi.

2. Aplikasi Rusak

Penyebab yang kedua adalah rusaknya aplikasi yang ingin dipasang pada smartphone android. Jadi error atau penyebab aplikasi tidak terpasang ini memang murni karena aplikasinya yang rusak. Biasanya aplikasi rusak ini ketika para pengguna tidak mendownload atau mengunduhnya melalui playstore. Melainkan mengunduhnya dari website-website yang tidak resmi atau tidak jelas.

Untuk menghindari hal ini sebisa mungkin untuk mendownload suatu aplikasi melalui playstore. Jika melalui website, pastikan aplikasi tersebut tidak rusak dan tidak akan menimbulkan kerusakan pada smartphone android nantinya.

3. Tempat Penyimpanan Rusak

Penyebab aplikasi tidak terpasang di android yang ketiga adalah karena tempat penyimpanannya rusak. Jika di poin pertama dibahas mengenai tempat penyimpanan yang tidak cukup, maka berbeda dari hal ini. Biasanya kerusakan ini terjadi apabila pengguna memilih penyimpanan tambahan atau menggunakan kartu sd sebagai tempat penyimpanan. Kerusakan yang terjadi ada di dalam kartu sd tersebut.

Jika kartu sd sudah rusak, maka aplikasi yang sudah di download tidak akan terpasang atau tidak terbaca sama sekali. Untuk mengatasi hal ini bisa memindahkan tempat penyimpanan di pengaturan. Ubahlah tempat penyimpanan menjadi penyimpanan dalam smartphone, baru kemudian mengunduh aplikasi yang diinginkan.

4. Aplikasi Tidak Resmi

Kemungkinan berikutnya ialah aplikasi yang diunduh tidak resmi. Biasanya sistem smartphone akan membaca aplikasi tidak resmi ini sebagai aplikasi yang akan membahayakan smartphone. Maka dari itu biasanya smartphone android secara otomatis tidak menerima aplikasi tidak resmi ini. Untuk menghindari hal ini pastikan bahwa aplikasi yang akan dipasang sudah resmi, sehingga aplikasi dapat diterima oleh sistem smartphone.

5. Salah Tempat Penyimpanan

Penyebab berikutnya adalah salah tempat penyimpanan. Biasanya ketika mendownload sebuah aplikasi akan menggunakan phone memory atau penyimpanan dari dalam smartphone. Tapi di beberapa kasus ada aplikasi yang harus disimpan di dalam kartu sd atau tempat penyimpanan tambahan. Untuk itu pastikan terlebih dahulu jika sudah mengaturnya untuk disimpan di dalam kartu sd.

6. Error

Penyebab yang terakhir dan paling umum adalah karena error. Biasanya error ini terjadi ketika OS pada sistem android sedang mengalami gangguan atau sebagainya, sehingga aplikasi yang sudah diunduh tidak dapat dipasang.

Untuk mengatasi hal ini bisa dengan memulai ulang smartphone android, lalu coba unduh kembali aplikasi yang sebelumnya tidak terpasang. Jika masih belum bisa, maka harus dicari tahu mungkin error terjadi pada OS atau smartphone android masing-masing.

Itulah tadi penyebab-penyebab aplikasi tidak terpasang di android. Jika sudah mengetahui penyebabnya, maka memperbaikinya bukanlah hal yang sulit. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk mencari tahu tentang penyebab aplikasi tidak terpasang di android.

Baca Juga : Cara Cek RAM HP Samsung yang Cepat dan Mudah

Staff

Hercules: An independent information portal. Where we share stories. Starting from important things to types of entertainment. Whatever it is! When we think it’s potentially useful, we’ll post it. Gentlemen …. We have the technology. We have the capability to produce it. Better than he was before. Better. Stronger. Faster.

Latest from Blog