5 Cara Mengembalikan File Yang Hilang Di Flashdisk Lewat Android Yang Mudah

Setiap file dalam alat penyimpanan seperti flashdisk atau memori disk (SD card) dapat dikatakan sangat rentan terhapus. Adakalanya file di dalamnya terhapus karena adanya virus atau terhapus pada saat proses instalasi sistem operasi. Terkadang terhapus pada saat pemiliknya mengetuk tanpa sengaja saat melakukan format memori atau flashdisk. Dari sini penting bagi siapapun, mengetahui cara mengembalikan file yang hilang di flashdisk lewat android.

Pertanyaanya apakah mungkin mengembalikan data atau file yang hilang itu lewat Android?  Tentu saja jawabannya adalah bisa. Memulihkan file flashdisk bisa dilakukan dengan cara menginstal software pemulihan data kartu SD yang tepat. Faktanya pada saat kartu SD terhapus atau terformat secara tidak disengaja, file yang disimpan didalamnya tidak sepenuhnya hilang. Ada 5 tools yang bisa dipertimbangkan berikut ini:

1. Disk Drill

Aplikasi yang satu ini memiliki kelebihan yakni tingkat tinggi kesuksesan dalam mengembalikan file yang hilang. Disk Drill mampu bekerja dalam semua sistem operasi, juga memberikan fitur verifikasi file yang hendak dikembalikan dengan jalan preview. Program ini sangat bagus dan bisa diandalkan. Sangat direkomendasikan karena kompatibilitasnya dengan berbagai flashdisk android seperti Sandisk, Samsung, bahkan dari micro SD, SDXC, SDHC, hingga CF.

2. IObit Undelete

Aplikasi yang satu ini sangat ramah pengguna dan memiliki fitur Quick scan. Akan tetapi, kelemahannya hanya berfungsi dengan bagus pada file yang baru saja terhapus. Jika sudah berhari-hari atau telah mengalami aktivitas lain, akan sulit dikembalikan. Bagaimanapun aplikasi ini memang fokus pada pengguna pemula, sehingga sangat mudah digunakan. Selain itu, aplikasi ini sangat gratis serta memiliki keistimewaan tanpa batas, atau tidak ada limit dan batasan pada file yang bisa dikembalikan.

3. Recuva

Aplikasi ini bisa dikatakan sebagai aplikasi pengembalian file yang sederhana, juga handal dan sangat direkomendasikan sebagai cara mengembalikan file yang hilang di flashdisk lewat android yang paling lengkap. Selain itu, aplikasi ini mampu mengembalikan data memori kamera digital juga data yang flashdisk desktop. Aplikasinya diberikan gratis namun sayang ada batas untuk pengunduh gratis. Sebaliknya membeli versi premium akan mendapatkan layanan produk tanpa batas

4. Recoverit Data Recovery

Aplikasi yang satu ini memberikan kemudahan berupa desain yang sederhana, mudah dipahami. Desainnya dapat dikatakan bersih sehingga pengguna pemula tidak akan mudah kebingungan. Namun, jangan salah, karena aplikasi yang satu ini memiliki fungsi fitur deep scan. Artinya file besar yang sudah lama terhapus ada kemungkinan bisa dikembalikan. Sayangnya, aplikasi ini tidak memiliki fitur preview untuk bisa melihat file mana yang sudah dihapus.

5. EaseUS Data Recovery Wizard

EaseUs merupakan aplikasi yang sederhana namun memiliki kemampuan mengembalikan semua data. Sehingga bisa diandalkan untuk mereka yang menginginkan data-data pada flashdisknya kembali. Akan tetapi, kelemahannya proses pengembalian yang lambat, proses scanningnya juga lama, bahkan proses untuk mengembalikan file-file video butuh waktu lebih lama lagi. Seperti semua aplikasi, ada dua pilihan mengunduhnya, gratis atau berbayar.

Kelima aplikasi di atas sejatinya menjadi cara mengembalikan file yang hilang di flashdisk lewat android yang paling mudah, tidak rumit, juga tidak memakan biaya banyak. Ada kalanya seseorang menyewa profesional untuk mengembalikan file pada flashdisk yang hilang. Namun, dengan aplikasi di atas, siapapun tidak perlu menyewa ahli profesional yang mahal, dengan hasil yang sebenarnya sama saja.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Bluetooth Di Laptop Asus Dengan Mudah Dan Cepat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *