5 Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected Yang Dijamin Sukses

Saat ini sering sekali dijumpai orang-orang yang mencari cara mengatasi flashdisk write protected. Hal tersebut dikarenakan flashdisk yang mengalami gangguan tersebut akan menyebabkan pengguna tidak bisa mengedit semua data dalam flashdisk. Sehingga pengguna tidak akan bisa menambahkan data, mengganti nama, menghapus bahkan melakukan format tidak bisa dilakukan.

Karena permasalahan dari flashdisk tersebut yang sangat mendasar tersebut akan membuat flashdisk menjadi tidak berguna sama sekali. Sehingga banyak orang yang berusaha untuk memperbaiki permasalahannya. Untuk itu akan dibahas 5 cara mengatasi untuk flashdisk write protected yang dijamin ampuh.

1. Format Berulang Kali

Untuk cara mengatasi flashdisk write protected yang pertama kali ini akan terdengar begitu aneh dan tidak masuk akal, namun patut untuk dicoba. Cukup dengan melakukan proses formating pada flashdisk tersebut berulang kali. Ketika melakukan format dan muncul keterangan gagal, cukup cabut flashdisk dan ulangi terus hingga maksimal 7 kali.

Jangan sampai melebihi jumlah tersebut karena dikhawatirkan akan terjadi corrupt pada flashdisk. Perlu juga digaris bawahi bahwa cara ini hanya perlu dilakukan apabila flashdisk sudah write protected dalam kondisi belum terpakai sama sekali. Tentunya hal cara tersebut tidak akan bisa digunakan untuk memperbaiki kerusakan akibat pemakaian yang salah.

2. Gunakan Command Prompt

Selanjutnya adalah cara yang paling sering dipakai oleh para pengguna komputer, yaitu dengan command prompt. Cara ini terbilang cukup mudah untuk dilakukan. Cara tersebut dimulai dengan membuka command prompt dan pilih run as administrator untuk memberikan perintah yang sepenuhnya memiliki prioritas hak akses sekaligus meminimalisir kegagalan.

Kemudian masukkan perintah “diskpart” dan tekan enter. Setelah itu akan muncul opsi dari disk yang sedang tersambung dengan komputer. Sesuaikan kapasitas flashdisk untuk mengetahui flashdisk terdaftar sebagai disk yang mana. Misal terdeteksi di “disk 1” maka cukup klik disk tersebut, kemudian pilih “attribute disk clear readonly”. Pilih opsi “clean” selanjutnya “create partition primary dan lanjutkan dengan perintah terakhir “format fs=fat32” dan tekan enter. Setelah itu flashdisk akan bisa digunakan seperti semula.

3. Melalui Regedit

Apabila menggunakan command prompt gagal, maka bisa mencoba untuk menggunakan Regedit. Pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuka regedit di komputer. Kemudian fokus pada jendela kiri dan buka folder “HKEY_LOCAL_MACHINE, dilanjutkan dengan memilih “SYSTEM”.

Setelah itu akan muncul opsi “CurrentControlSet”, cari path “CONTROL” dan buka folder “StorageDevicePolicies”. Setelah masuk pada StorageDevicePolicies, fokus untuk mencari opsi “writeprotect” dan ganti valuenya menjadi 0.

4. Gunakan Aplikasi FAT32 Format Tool GUI

Apabila ketiga cara diatas masih belum bisa memberikan hasil, maka cara memperbaiki flashdisk write protected yang terakhir dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. FAT32 Format Tool GUI memiliki kemampuan untuk digunakan pada semua merk flashdisk secara universal.

Penggunaannya sendiri juga sangat sederhana, karena saat aplikasi dijalankan akan muncul sebuah dialog box yang berisi daftar disk yang tersambung. Kemudian pilih disk mana yang ingin diformat dan klik “start” dan tunggu hingga format selesai, flash disk akan bisa digunakan setelah itu.

5. Gunakan USB Write Protect

Selanjutnya juga menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan pada semua merk flashdisk juga. Aplikasi USB Write Protect di design untuk memperbaiki masalah write protect. Penggunaannya juga cukup mudah karena cukup menjalankan aplikasi ini dengan “Run as administrator”. Kemudian akan muncul beberapa opsi, pilih “USB Device Write Protection” dan pilih disable.

Demikian pembahasan dari 5 cara mengatasi flashdisk write protected yang pasti akan sangat membantu. Permasalahan seperti flashdisk write protected ini sebenarnya adalah masalah yang sangat umum, namun memiliki dampak yang cukup mengganggu. Oleh sebab itu, para pengguna flashdisk untuk keperluan penyimpanan harus mengetahui cara memperbaikinya.

Baca Juga : Aplikasi Pengubah Suara Saat Live untuk Android

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *