5 Cara Mengatasi Download Tertunda Di Playstore Agar Tidak Crash

Ada beragam aplikasi pilihan yang benar-benar bermanfaat dan akan selalu digunakan. Akan halnya, hampir semua aplikasi selalu menuntut pembaruan data sebelum digunakan ulang. Oleh karena itulah pengguna harus melakukan download pembaruan setiap waktu. Tetapi ada kalanya upaya download terhambat. Oleh karena itu,  cara mengatasi download tertunda di playstore jadi hal yang sangat penting.

Ada kalanya hasil akhir download  tertunda hasil akhirnya tidak selalu bagus, bahkan ada yang crash atau mengulang dari awal. Tentu pengguna android akan sangat merasa terganggu dengan hal ini tersebut. Bagaimana cara mengatasi penundaan download pada saat mengunduhnya di Playstore? Berikut penjelasannya.

1. Jangan Mendownload Banyak Aplikasi Sekaligus

Upaya download akan tertunda jika semua aplikasi diketuk download sekaligus. walau hal itu bisa memungkinkan, namun tidak pernah disarankan. Kadangkala suatu aplikasi yang didownload memiliki ukuran file yang besar yang membuat proses unduhan sangat lama, lalu terdapat antrian beberapa unduhan lain yang kapasitasnya sama besar. Untuk mengecek proses downloadan itu bisa dilihat pada playstore, ketuk halaman Aplikasi & game saya, di sana akan terlihat proses penundaan unduhan yang berlangsung.

2. Uninstal Pembaruan Playstore

Sudah pasti Playstore sama seperti program lain juga menuntut pembaruan. Kadangkala perangkat android Anda belum kompatibel dengan versi pembaruan yang ada, dalam kasus lain hasil pembaruan konflik dengan batch file lain. Atau bisa juga terjadi crash pada saat pembaruan otomatis karena kapasitas memori sudah terlampau penuh dan tidak leluasa. Solusinya hapus pembaruan dengan mengetuk Playstore di menu aplikasi, lalu ketuk copot pemasangan pembaruan.

3. Hindarkan Perangkat Modem atau Router dari Gangguan Konektivitas

Jika router wifi atau modem internal pada perangkat HP mengalami gangguan sinyal, maka tidak ada yang mampu melakukan unduhan dengan lancar. Sinyal bar tertinggi adalah yang dibutuhkan suatu perangkat ponsel untuk mencapai kualitas download yang stabil hingga selesai. Jika ada gangguan sinyal hilang dalam waktu setengah detik saja, akibatnya upaya download di playstore bisa tertunda. Oleh karena itu memperbaiki kualitas sinyal menjadi cara mengatasi download tertunda di playstore lainnya yang sangat penting.

4. Siapkan Kapasitas Memori Perangkat dengan Benar

Sebelum mengunduh, pemilik HP wajib memeriksa kapasitas kartu memori tempat unduhan tersebut, apakah sudah penuh atau masih menyisakan ruang? Jika kapasitas tidak dikelola dengan baik, download aplikasi entah pembaruan atau baru sudah pasti akan tertunda karena storage nya tidak mencukupi atau sudah terlampau penuh. Cara lainnya untuk menghindari masalah ini, adalah perbesar kapasitas memori card demi memenuhi pembaruan atau aplikasi baru. Jika terdapat file yang tidak lagi dibutuhkan, maka pengguna bisa langsung menghapusnya.

5. Factory Reset

Cara terakhir adalah factory  reset. Cara ini dilakukan jika Playstore tidak lagi bisa digunakan atau mengalami masalah pada program, misalkan karena pembaruan. Factory reset bisa dilakukan dengan cara mengetuk Setting. Lalu cari menu reset, dan terdapat pilihan factory reset, lalu ketuk. Dengan factory reset, semua data akan kembali seperti semula, yang berarti Playstore kembali ke format pabrikan tanpa adanya pembaruan.

Itulah lima cara mengatasi download tertunda di playstore agar tidak terjadi crash yang merugikan penggunanya. Bagaimanapun jika terjadi crash, maka pengguna atau pengunduh akan mengalami kerugian waktu dan paket data yang hilang percuma. Selain itu, aplikasi akan tetap menuntut pembaruan, sehingga masalah ini tidak bisa dianggap enteng begitu saja. Oleh karena itu, lakukanlah cara tersebut di atas untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Baca Juga : Inilah Cara Kompress Video Di Hp Android Dengan Mudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *