5 Cara Membuka Hp Lupa Password di Android dengan Mudah

Cara membuka hp lupa password bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Apalagi khususnya pengguna Android, ada berbagai cara yang bisa digunakan untuk membuka pola maupun pin sandi yang tiba-tiba lupa. Pin sandi maupun pola merupakan salah satu fitur keamanan yang tersedia pada Android.

Fitur tersebut diadakan untuk menjaga privasi dari pengguna. Dengan adanya fitur tersebut, maka keamanan privasi pengguna dapat tetap terjaga dengan baik. Jadi untuk melindungi hp dari tangan orang-orang jahil maupun sebagai proteksi ketika hp menghilang.

Namun dibalik itu semua, terjadi dengan menggunakan pola yang susah bisa menjadi bumerang di kemudian hari. Bisa saja besok-besok pengguna lupa akan pola sandi yang sudah dibuatnya. Namun, jangan khawatir ada beberapa cara membuka hp lupa password yang bisa dilakukan: 

1. Menggunakan Google Find My Device

Ketika tiba-tiba Android tidak bisa dibuka karena lupa pola password, jangan khawatir terlebih dahulu. Google sudah menyediakan langkah tanggap darurat yang bisa diakses melalui peramban web, yang beralamat di google.com/android/find

Untuk menggunakan fitur tersebut, pastikan menggunakan alamat email atau akun Google yang terhubung dengan hp Android tersebut. Jika tidak terhubung, maka tidak bisa dilakukan. Jadi harus terhubung antara alamat email dengan hp Android yang ingin di reset passwordnya.

Pada google.com/android/find, ada bermacam-macam fitur yang bisa digunakan, seperti menghapus akun, menghapus pola sandi maupun mengganti pola password pada perangkat Android. Pilih untuk mengganti pola password Android dengan pola yang mudah untuk diingat.

2. Menggunakan Login Akun Google

Selain menggunakan google.com/android/find, pengguna juga bisa melakukan reset password secara langsung pada hp Android. Caranya dengan mencoba membuka pola sandi yang salah sebanyak 5 kali, maka nanti akan muncul tiga pilihan, yaitu panggilan darurat, buka di Google, menggunakan pin cadangan.

Pilih buka via Google, nantinya akan muncul jendela login menggunakan akun Google yang terkoneksi dengan perangkat Android tersebut. Jadi, jangan sampai lupa dengan informasi akun Google yang sudah digunakan.

3. Menggunakan Samsung Find My Mobile

Cara ini hanya berlaku untuk pengguna hp Android dengan merk Samsung saja karena membutuhkan akun Samsung untuk melakukannya. Untuk menggunakan cara ini, selain perangkatnya harus bermerk Samsung, perangkat tersebut juga harus memiliki akun Samsung. Jika tidak memiliki, maka cara ini tidak bisa digunakan.

Langkahnya mudah, kunjungi situs Samsung Find My Mobile melalui perangkat PC. Pada halaman tersebut, nanti akan terdapat form login akun Samsung. Ketika sudah login dengan akun Samsung, maka nanti akan terdapat bermacam pengaturan salah satunya reset pola password. Reset pola password dengan pola yang tidak terlalu rumit, namun mudah untuk diingat.

4. Gunakan Reboot To Safe Mode

Selain karena lupa password, pola sandi pada hp juga bisa berubah disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga. Untuk mengatasinya bisa langsung masuk ke dalam mode Reboot To Safe Mode, salah satu mode yang dimiliki oleh perangkat Android.

Melalui mode ini, pola sandi yang berubah karena diakibatkan oleh aplikasi pihak ketiga dapat dihapus. Sehingga pola sandi yang awalnya tidak bisa dibuka, akan kembali seperti semula sebelum diubah oleh aplikasi pihak ketiga.

5. Factory Reset

Ini adalah cara terakhir yang bisa digunakan, yaitu dengan menggunakan Factory Reset. Namun, cara ini tidak direkomendasikan karena akan menghapus seluruh data yang tersimpan pada memori telepon. Cara ini bisa dilakukan sebagai opsi yang paling terakhir, jika cara satu sampai empat di atas sudah dicoba, namun belum berhasil. Maka cara ini bisa digunakan dengan akibat seluruh data yang tersimpan pada telepon akan hilang.

Gunakanlah pola pin yang mudah untuk diingat dan juga tidak terlalu rumit sehingga lupa akan password bisa dihindari. Itulah beberapa cara membuka hp lupa password pada perangkat Android yang bisa dibaca dalam konten ini, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Baca Juga : Berikut Cara Mengaktifkan Kartu Yang Terblokir Dengan Mudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *