5 Aplikasi Membuat Cover Buku Offline Terbaik

1 min read

5 Aplikasi Membuat Cover Buku Offline Terbaik

Perlu diketahui bahwa cover buku yang menarik bisa mempengaruhi daya tarik seseorang dalam membeli buku. Sayangnya pembuatan cover sangatlah mahal, karena harus melibatkan desainer yang mumpuni dalam hal pembuatan cover yang menarik. Tetapi jangan khawatir, melalui aplikasi membuat cover buku offline seorang penulis bisa mengatur sendiri cover bukunya secara do it yourself.

Artis atau desainer yang mahal biasanya mengandalkan Photoshop, Illustrator, atau InDesign karena kemampuan teknis, detail, dan rumit. Jelas seorang amatir tidak akan mampu menguasai program-program ini tersebut dalam waktu singkat. Namun dengan adanya vendor yang menciptakan aplikasi khusus, kini membuat desain cover bisa dilakukan para amatir dengan mudah. Aplikasi ini juga bisa melatih siapapun untuk belajar mendesain banyak hal. Apa saja aplikasinya?

1. Canva

Bisa dikatakan Canva merupakan aplikasi pembuat cover buku yang gratis juga nomor 1 di luar sana. Aplikasi ini telah lama melayani beragam pengguna serta memiliki aksesibilitas dan variasi yang sangat baik. Fitur paling utamanya adalah kemudahannya, karena tidak semua penulis punya kemampuan dalam melakukan desain termasuk desain sampul. Canva memiliki banyak fitur dari modern, retro, hingga vignet, keberadaan fitur ini membuat program menjadi sangat menarik.

2. PosterMyWall

Aplikasi ini memberikan fitur pembuatan cover melalui banyak varian template yang memungkinkan penggunanya melakukan kustomisasi sesuai dengan keinginan pribadi. Bagian paling direkomendasikan di sini adalah koneksi kanvas kosong desain ke penyedia gambar gratis tanpa hak cipta seperti Pixabay, Getty Images, dan Flickr. Jadi penggunanya bisa memiliki akses ke ratusan ribu gambar gratis yang akan cocok dengan gambarannya akan cover buku yang baik.

3. Placeit

Ada yang bilang tidak sebagus Canva, tentu saja tapi Canva tidak memiliki apa yang dimiliki oleh Placeit, yakni tawaran template cover dengan pilihan untuk melakukan kustomisasi otomatis, juga ada pilihan custom dengan genre buku yang hendak disasar, sehingga ini bisa jadi alternatif aplikasi membuat cover buku offline yang tepat untuk yang tidak ingin membuat cover kian ramai dan rumit. Selain itu, Placeit miliki perpustakaan gambar gratis sendiri.

4. GIMP

Gimp telah lama dikenal sebagai sumber gratis untuk melakukan photoshopping dan pesaing gratis dari adobe photoshop. Hal itu bisa jadi hal bagus yang pernah ada tentang GIMP.  Aplikasi ini tidak neko-neko, sangat gratis. Tidak ada opsi berbayar yang disisipkan pada fitur manapun. Semua fiturnya tersedia gratis. Namun, bukankah tidak ada hal yang gratis di dunia ini? Tidak perlu khawatir karena seluruh layanan dalam GIMP ditawarkan dengan benar-benar gratis, fiturnya juga lebih mudah dari Photoshop.

5. Blurb BookWright

Nama program ini terdengar lucu, tetapi sebagai aplikasi membuat cover buku offline kehandalannya tidak perlu dipertanyakan. Program ini seperti BIMP tersedia bebas dan gratisan untuk di download dan memiliki banyak varian pelatihan membuat cover buku sendiri. Dengan begitu penggunanya akan mudah mendesain sesuai keinginan hati karena aplikasi ini dilengkapi dengan banyak pilihan template desain.

Setiap penulis diyakini memiliki cita rasa seni yang bagus. Sehingga penulis yang baik akan mengetahui cover buku macam apa yang akan dibuat melalui aplikasi program di atas. Tergantung pilihannya, awalnya orang akan bingung untuk memilih mana program yang paling bagus sesuai kebutuhannya sendiri. Satu hal yang jelas, lima program yang telah disebutkan itu merupakan yang terbaik yang tersedia saat ini.

Baca Juga : Cara Menyambungkan Laptop Ke TV Tanpa Kabel Dengan Menggunakan Chromecast

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *